Senin, 20 Desember 2010

PERANGKAT NILAI SUBSTANSI PENDIDIKAN KARAKTER

A. Nilai-nilai Dasar yang termuat dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Pendidiksan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Dalam Permendiknas N0.23/2006 tentang Standar kompetensi lulusan secara formal sudah digariskan untuk masing-masing jenis atau satuan pendidikan sejumlah rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).Jika diremati secara mendalam, sesungguhnya hampir pada setiap rumusan SKL tersebut implisit atau eksplisit termuat substansi nilai/karakter. Berikut ini dicoba untuk menangkap substansi nilai/karakter yang ada pada setiap SKL tersebut.


Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SD/MI/SDLB*/Paket A


No. Rumusan SKL Nilai/Karakter
1 Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak Iman dan taqwa
2 Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri jujur
3 Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya disiplin
4 Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya Terbuka, nasionalistik
5 Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif Bernalar, kreatif
6 Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik Bernalar, kreatif
7 Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya Terbuka, bernalar
8 Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari bernalar
9 Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar Terbuka, bernalar
10 Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan Peduli, tanggung jawab
11 Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia nasionalistik
12 Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal Kreatif, tanggung jawab
13 Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang Bersih, tanggung jawab
14 Berkomunikasi secara jelas dan santun Santun
15 Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya Gotong royong, peduli
16 Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis gigih
17 Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung bernalar




Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMP/MTs/SMPLB/Paket B

No. Rumusan SKL Nilai/Karakter
1 Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja Iman dan taqwa
2 Menunjukkan sikap percaya diri adil
3 Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas disiplin
4 Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional nasionalistik
5 Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif Bernalar, kreatif
6 Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif bernalar, kreatif
7 Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya Gigih, tanggung jawab
8 Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari bernalar
9 Mendeskripsi gejala alam dan sosial Terbuka, bernalar
10 Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab Tanggung jawab
11 Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Nasionalistik, gotong royong
12 Menghargai karya seni dan budaya nasional Peduli, nasionalistik
13 Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya Tanggung jawab, kreatif
14 Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang Bersih dan sehat
15 Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun Santun, bernalar
16 Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat Terbuka, Tanggung jawab
17 Menghargai adanya perbedaan pendapat Terbuka, adil
18 Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana Gigih, kreatif
19 Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana Gigih, kreatif
20 Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah Bervisi, bernalar



Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMA/MA/SMALB*/Paket C
No. Rumusan SKL Nilai/Karakter

1 Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja Iman dan taqwa
2 Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya adil
3 Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya Tanggung jawab
4 Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial disiplin
5 Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global nasionalistik
6 Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif bernalar
7 Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan bernalar
8 Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri bervisi
9 Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik gigih
10 Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks bernalar
11 Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial bernalar
12 Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab Tanggung jawab
13 Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia nasionalistik
14 Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya peduli
15 Mengapresiasi karya seni dan budaya kreatif
16 Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok Kreatif
17 Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan bersih
18 Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun Santun
19 Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat Tanggung jawab
20 Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain Terbuka, peduli


Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMK/MAK

No. Rumusan SKL Nilai/Karakter
1 Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja Iman dan taqwa
2 Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya Gigih, adil
3 Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya Tanggung jawab
4 Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial disiplin
5 Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global nasionalistik
6 Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif kreatif
7 Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan Bernalar, kreatif
8 Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri Peduli ,tanggung jawab
9 Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik Gigih, adil
10 Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks bernalar
11 Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial bernalar
12 Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab Peduli, tanggung jawab
13 Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia nasionalistik
14 Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya Peduli, kreatif
15 Mengapresiasi karya seni dan budaya kreatif
16 Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok kreatif
17 Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan Bersih, peduli
18 Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun Santun
19 Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat Terbuka, adil
20 Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain Terbuka, adil
21 Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis Gigih,terbuka
22 Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris Gigih, bernalar
23 Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya Bervisi, gigih, tanggung jawab

4 komentar:

  1. Terima kasih bloger anda sudah cukup membantu untuk pengembangan dan motivasi untuk kemajuan pendidikan

    BalasHapus
  2. Materi yang kami muat di bloger ini merupakan sebagian kecil materi perkuliahan di Program Pascasarjana Universitas Mulawarman

    BalasHapus
  3. Kepada para pembaca yang berbudi mohon berikan masukkan untuk perbaikan bloger ini

    BalasHapus